Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV UPTD SD NEGERI 84 Barru Kabupaten Barru.

Fathiyani Fatayat (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV UPTD SD NEGERI 84 Barru Kabupaten Barru.

[img] Text
Artikel_Fathiyani Fatayat_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (578kB)

Abstract

Fathiyani Fatayat, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV UPTD SD Negeri 84 Kabupaten Barru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Latri dan Muh. Faisal) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV UPTD SD Negeri 84 Kabupaten Barru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV UPTD SD Negeri 84 Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas IV UPTD SD Negeri 84 Kabupaten Barru yang berjumlah 24 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I yaitu berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV UPTD SD Negeri 84 Kabupaten Barru. Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa, matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:06
Last Modified: 10 Aug 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33474

Actions (login required)

View Item View Item