PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD WILAYAH BINAAN KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA

AYU ARDILLAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD WILAYAH BINAAN KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
AYU ARDILLAH_1747042050_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini menelaah masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran audio visual? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar IPA? (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas V di SD Wilayah Binaan Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Desain. Desain penelitian ini adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang diawali dengan uji prasyarat yaitu, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial melalui Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,002 lebih kecil dari α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Wilayah Binaan Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Kuantitatif, Quasi Eksperiment Desain

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:54
Last Modified: 10 Aug 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33473

Actions (login required)

View Item View Item