Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SBDP di SD Negeri Bontomaero 2, Kec. Bajeng, Kab.Gowa.

Nurul Anisah (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SBDP di SD Negeri Bontomaero 2, Kec. Bajeng, Kab.Gowa.

[img] Text
Artikel_Nurul Anisah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Anisah, 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SBDP di SD Negeri Bontomaero 2, Kec. Bajeng, Kab.Gowa. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hikmawati Usman dan Muhammad Irfan). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan “Quasi Eksperimen” yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SBDP di SD Negeri Bontomaero 2 Kec. Bajeng Kab.Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bontomaero 2 Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa berjumlah 27 siswa. Kelas VA berjumlah 14 siswa dan kelas VB berjumlah 13 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA SD Negeri Bontomaero 2 Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa berjumlah 14 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan metode drill. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil observasi keterlaksanaan metode drill pada pertemuan pertama mencapai 63,8 % masuk dalam kategori efektif dan pada pertemuan kedua mencapai 86, 1 % masuk dalam kategori sangat efektif. Oleh karena itu, keterlaksanaan metode drill memiliki peningkatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis data inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh Sig : 0.000 lebih kecil dari 0.05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SBDP di SD Negeri Bontomaero 2 Kec. Bajeng Kab. Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:35
Last Modified: 10 Aug 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33471

Actions (login required)

View Item View Item