Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang

Muafiah Muhajir (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang.

[img] Text
Artikell Muafiah Muhajir.pdf

Download (500kB)

Abstract

Muafiah Muhajir, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 16 orang. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil yang diberikan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berada pada kategori kurang karena penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang digunakan belum berjalan sebagaimana mestinya. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar berada pada kategori baik. Hal ini dipacu oleh refleksi yang dilakukan oleh guru pada siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:24
Last Modified: 10 Aug 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33469

Actions (login required)

View Item View Item