Asriyanti (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 24 BATANGASE KABUPATEN MAROS.
Text
ARTIKEL ASRIYANTI 1747040018.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penggunaan media blok pecahan pada mata pelajaran matematika, (2) mengetahui hasil belajar Siswa pada mata pelajaran matematika setelah menggunakan media blok pecahan, (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media blok pecahan terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 24 Batangase. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pecahan berupa pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media blok pecahan untuk melihat gambaran penggunaan media blok pecahan serta dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan media blok pecahan pada proses pembelajaran berlangsung dengan efektif, hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan media blok pecahan selama 2 kali pertemuan, yaitu dari kategori efektif ke kategori sangat efektif. Kemudian terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar Siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata hasil belajar Siswa kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media blok pecahan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Blok Pecahan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33467 |
Actions (login required)
View Item |