Penerapan metode drill dalam meningkatkan kreativitas menggambar Siswa Kelas III UPT SD 6 Rappang Kabupaten Sidrap.

DEVI TRIANA (2023) Penerapan metode drill dalam meningkatkan kreativitas menggambar Siswa Kelas III UPT SD 6 Rappang Kabupaten Sidrap.

[img] Text
Artikel_Devi Triana_1747042097_Pendidikan Guru Sekolah Dasar_PGSD.pdf

Download (430kB)

Abstract

DEVI TRIANA, 2021, Penerapan metode drill dalam meningkatkan kreativitas menggambar Siswa Kelas III UPT SD 6 Rappang Kabupaten Sidrap. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri. (Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd dan Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum). Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat pembelajaran Sbdp guru hanya memberikan materi tanpa memberikan latihan atau praktek menggambar kepada siswa sehingga siswa mengalami kesulitan dalam bidang menggambar dan mengakibatkan berdampak pada imajinasi siswa yang berkurang sehingga pembelajaran sbdp siswa rendah.Adapun rumusan masalanya bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran sbdp siswa kelas III UPT SD Negeri 6 Rappang kecamatan panca rijang kabupaten sidenreng rappang dan bagaimanakah proses hasil kreativitas dalam pembelajaran sbdp pada siswa kelas III UPT SD Negeri 6 Rappang kecamatan panca rijang kabupaten sidenreng rappang. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui penerapan metode drill hasil kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sbdp pada siswa kelas III dan untuk mengetahui proses hasil kreativitas siswa dalam pembelajaran sbdp pada siswa kelas III UPT SD Negeri 6 rappang kecamatan panca rijang kabupaten sidenreng rappang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode drill dan meningkatkan kreativitas menggambar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa yang berjumlah 22 orang siswa, 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil observasi guru dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II kreativitas menggambar siswa mengalami peningkatan yaitu berada fase kategori baik,berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill mdapat meningkatkan kreativitas menggambar siswa kelas III UPT SD Negeri 6 Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Panca Rijang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:09
Last Modified: 10 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33466

Actions (login required)

View Item View Item