PUTRI INDAH SARI (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Text
Artikel_Putri Indah Sari_1747441011.pdf Download (707kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi Energi Alternatif yang valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SDI Cilallang. (2) mendeskripsikan hasil validasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi energi alternatif. Penelitian ini berfokus untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman materi energi alternatif. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & development) dengan menggunakan model Allesi Throlip yang terdiri atas tiga tahapan. Tahap pertama yaitu: (1) Planing: menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan sumber, dan menghasilkan gagasan. (2) Design: Mendesain flowchart dan mendesain storyboard. (3) Development: memproduksi video dan audio, memprogram materi, menyiapkan komponen pendukung, dan memproduksi multimedia. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa (1) multimedia pembelajaran interaktif diyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan presentase masing-masing sebesar 94,66% dan 90,66% (2) Hasil percobaan perorangan memperoleh presentase sebesar 88,44%, hasil percobaan kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 86,66% dan hasil percobaan kelompok besar memperoleh presentase sebsesar 82,88% (3) hasil pengujian kelayakan dari peserta didik kelas IVA dan kelas IVB SDI Cilallang berada pada kategori sangat layak dengan presentase sebesar 83,33% dan 85,4%. Kata Kunci: Multimedia, Interaktif, Literasi Sains
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:11 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33465 |
Actions (login required)
View Item |