Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN 4 Padoang-Doangan Kabupaten Pangkep.

St. Sulfajriani Salam (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN 4 Padoang-Doangan Kabupaten Pangkep.

[img] Text
Artikel_St Sulfajriani Salam_Universitas Negeri Makkassar.pdf

Download (1MB)

Abstract

St. Sulfajriani Salam, 2021, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN 4 Padoang-Doangan Kabupaten Pangkep. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I., MA dan Sayidiman S.Pd., M.Pd). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Saat proses pembelajaran, siswa menggunakan buku paket dalam pembelajaran muatan IPA, hal ini membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran dan tidak dapat melihat objek yang dipelajari secara langsung, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media audio visual sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi penelitian 59 orang dengan jumlah laki-laki 29 orang dan jumlah perempuan 30 orang yang terdiri dari dua kelas. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes dengan bentuk soal berupa pilihan ganda kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat diterapkan dengan mudah oleh guru dengan kualifikasi baik. Dari hasil uji statistik deskriptif maupun inferensial menunjukkan bahwa dengan penggunaan media audio visual, hasil belajar siswa meningkat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual memberikan pengaruh dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual di kelas IV SDN 4 Padoang-Doangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:39
Last Modified: 10 Aug 2023 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33461

Actions (login required)

View Item View Item