PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS LITERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TERANG�TERANG KABUPATEN BULUKUMBA

MA’RIFATUL ASMIN (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS LITERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TERANG�TERANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Ma'rifatul Asmin_1747042044_Artikel.pdf

Download (708kB)

Abstract

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. Erma Suryani Sahabuddin., M.Si selaku pembimbing I, dan Dr. Andi Makkasau, M.Si selaku pembimbing II).Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementasion (implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana proses pemgembangan modul pembelajaran IPA berbasis literasi untuk peserta didik SD Negeri 2 Terang-Terang, Bagaimanakah kelayakan pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis literasi untuk peserta didik SD Negeri 2 Terang-Terang, Bagaimanakah tingkat kepalitan dari pengembangan modul berbasis literasi peserta didik SD Negeri 2 Terang-terang. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis literasi untuk siswa SD Negeri 2 Terang-Terang, Untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis literasi untuk siswa SD Negeri 2 terang-terang, Untuk mengetahui hasil uji coba dari pengembangan modul berbasis literasi untuk peserta didik SD Negeri 2 Terang-terang. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IV B. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik random sampling, sampel dipilih secara acak berjumlah 30 orang , dimana 10 orang akan masuk kelompok kecil dan 20 orang masuk kelompok besar. Hasil dari analisis perhitungan reliabilitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan dinyatakan reliabel, yang berarti bahwa modul dan instrumen penelitian layak untuk digunakan dalam penelitian. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Berbasis Literasi, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:40
Last Modified: 10 Aug 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33460

Actions (login required)

View Item View Item