Pengaruh Pembelajaran Dari Rumah Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 141 Salu-salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba)

TAUFIQ HIDAYAT (2023) Pengaruh Pembelajaran Dari Rumah Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 141 Salu-salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba).

[img] Text
Pengaruh Pembelajaran Dari Rumah Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 1~1.pdf

Download (866kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangya motivasi belajar siswa dalam belajar yang diakibatkan oleh pembelajaran dari rumah yang dilakukan secara online yang membuat siswa merasa bosan dalam belajar, dan metode guru dalam mengajar yang tidak variatif semakin membuat miotivasi siswa dalam belajar menjadi menurun. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah, (1) Bagaimanakah pelaksanaan program Belajar Dari Rumah pada siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu, (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu selama pelaksanaan program Belajar Dari Rumah, dan (3) Adakah pengaruh program Belajar Dari Rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pelaksanaan program BelajarDari Rumah pada siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu, (2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu selama pelaksanaan program Belajar Dari Rumah, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh program Belajar Dari Rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dari rumah, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu berjumlah 14 orang, dengan sampel berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknikSampel Jenuh. Data hasil penelitian inidiperoleh melalui instrument dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran dari rumah terhadap motivasi belajar siswa dalam masa pandemi covid-19. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran dari rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 141 Salu-salu, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba. Kata Kunci: pembelajaran dari rumah, motivasi belajar, Pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:30
Last Modified: 10 Aug 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33459

Actions (login required)

View Item View Item