Pengaruh Aplikasi WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng

RIRIN SUSIARTI (2023) Pengaruh Aplikasi WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

[img] Text
artikel skripsi Ririn Susiarti.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survey yang mengkaji tentang pengaruh aplikasi WhatsApp terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan aplikasi WhatsApp (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aplikasi WhatsApp terhadap motivasi belajar siswa SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 35 Tajuncu yang berjumlah 176 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling banyak sampel yaitu 122 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp siswa di SD Negeri 35 Tajuncu berada pada kategori sangat rendah, sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah dan terdapat pengaruh aplikasi WhatsApp terhadap motivasi belajar siswa dengan taraf signifikasinsi 0,000 < 0,05 yang artinya variable X memberi pengaruh terhadap variabel Y. Kata Kunci: Aplikasi WhatsApp, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:21
Last Modified: 10 Aug 2023 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item