Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 39 Cakke

SRI NUR ASTIKA KAHARUDDIN (2023) Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 39 Cakke.

[img] Text
Artikel_Sri Nur Astika Kaharuddin_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran minat baca siswa kelas V SD Negeri 39 Cakke (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 39 Cakke (3) untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 39 Cakke. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian correlation. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI sebanyak 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 37 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri 39 Cakke berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 41%. Adapun kemampuan membaca pemahamannya siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 43%. Serta diperoleh nilai sig antara kedua variabel tersebut yaitu 0,000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 39 Cakke. Kata Kunci : Minat baca, kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:00
Last Modified: 09 Aug 2023 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33455

Actions (login required)

View Item View Item