Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Memahami Isi Bacaan Bahasa Indonesia Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

MILDA SARI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Memahami Isi Bacaan Bahasa Indonesia Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL MILDA SARI 1747040011.docx

Download (131kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya memahami isi bacaan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, untuk mengetahui gambaran memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V sebelum dan setelah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap memahami isi bacaan bahasa Indonesia kelas V SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Variabel X1 dalam penelitian ini adalah penggunaan model kooperatif tipe think talk write dan variabel Y yaitu memahami isi bacaan bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar dengan jumlah siswa secara keseluruhan 34. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 data hasil penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar berupa Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikkan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan treatment, sehingga menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap memahami isi bacaan bahasa Indonesia kelas V Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Kata Kunci : memahami isi bacaan, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Kooperatif Tipe Think Talk Write

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:49
Last Modified: 09 Aug 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33454

Actions (login required)

View Item View Item