PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES LANRAKI 1

REZKIYANTI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES LANRAKI 1.

[img] Text
fiks artikel rezkiyanti 1747442017 .pdf

Download (982kB)

Abstract

Rezkiyanti, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si.). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1 (2) Gambaran hasil belajar matematika siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1, (3) Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 15 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T- Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang diperoleh dari lembar observasi menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh guru terlihat jelas dari persentase pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu sebanyak 85% menjadi 95% dan juga lembar observasi siswa dimana persentase pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu sebanyak 80% menjadi 95%. , (2) Gambaran hasil belajar matematika siswa, pada perolehan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan posttest kelas kontrol dimana pada kelas kontrol terdapat 5 siswa dengan kategori baik, 9 siswa kategori cukup dan 1 siswa kategori kurang sedangkan pada kelas eksperimen terdapat 10 siswa kategori sangat baik, 5 siswa kategori baik. Dilihat juga berdasarkan indikator hasil belajar matematika yang disesuaikan pada indikator pencapaian kompetensi, persentase rata-rata indikator pada hasil posttest kelas eksperimen sebesar 90,3 % lebih tinggi dibandingkan dengan persentase rata-rata pada kelas kontrol sebesar 63,6 %. (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, hasil belajar matematika, pecahan senilai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:22
Last Modified: 09 Aug 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33452

Actions (login required)

View Item View Item