Penerapan Media Ajar Video Animasi Motion Graphic Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikan II Kota Makassar

Milawati (2023) Penerapan Media Ajar Video Animasi Motion Graphic Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikan II Kota Makassar.

[img] Text
PGSD_MILAWATI_ARTIKEL.pdf

Download (319kB)

Abstract

Milawati, 2021. Penerapan Media Ajar Video Animasi Motion Graphic Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikan II Kota Makassar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar ( dibimbing oleh Latri dan St Nursiah). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar di latar belakangi adanya Kesan matematika yang sulit merupakan faktor penyebab yang cukup besar bagi peserta didik untuk tidak suka dan takut dengan mata pelajaran matematika, guru mengajar kurang memberikan pembaharuan seperti penggunaan metode, strategi maupun media sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh pendidik di dalam kelas untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui tindakan dalam bentuk siklus. Secara garis besar prosedur/pengembangan tindakan dapat dilakukan melalui lima (5) tahap kegiatan yakni tahap keadaan awal, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. instrumen penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi.Berdasarkan pembahasan pada tahapan pelaksanaan penelitian dapat dikatakan bahwa kegiatan guru dalam pembelajaran matematika melalui media ajar video animasi motion graphic terbukti mampu meningkatkan hasil belajar murid. Hal ini dapat dilihat dalam keberhasilan hasil belajar murid mengalami perkembangan dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari 28 murid bahwa keberhasilan pembelajaran biasanya diukur dengan tingkat pencapaian hasil belajar pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan pencapaian indikator keberhasilan ini maka pembelajaran ini dianggap selesai. Berdasarkan hal tersebut diperoleh kesimpulan penerapan media ajar video animasi motion graphic dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikan II berhasil

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:06
Last Modified: 09 Aug 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item View Item