Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan siswa Kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar

SIFRA APRILIA SAMBIRA (2023) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan siswa Kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar.

[img] Text
PGSD_1747442018_SIFRA APRILIA SAMBIRA_Pengaruh Penggunaan Me.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana gambaran penggunaan media kartu huruf siswa Kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar, (2) bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar, dan (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental menggunakan desain bentuk Non Equivalent Control Group Design, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar dan penentuan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik sampling purposive. Adapun pertimbangannya kedua kelas tersebut memiliki kemampuan membaca permulaan yang sama, hal ini juga dibuktikan pada hasil tes kemampuan awal (pretest) yang diberikan pada kedua kelas tersebut dan ditentukan kelas I B sebagai kelompok eksperimen serta kelas I A sebagai kelompok kontrol, masing-masing kelas terdiri dari20 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji T. Data tersebut menunjukkan perbedaan kemampuan membaca permulaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan (2-tailed) adalah 0,040 < 0,05. Perbedaan juga dapat dilihat dari rata-rata persentase hasil posttest pada setiap indikator yang dimiliki tiap kelas. Kelas eksperimen memiliki nilai hasil posttest lebih baik di tiap indikator daripada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf berada pada kategori baik, kemampuan membaca permulaan siswa kelas I mengalami peningkatan serta terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Kata Kunci: media kartu huruf, kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:07
Last Modified: 09 Aug 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item View Item