Penerapan Media Audio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untukMeningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV SDN 54 KalosiKecamatan Alla Kabupaten Enrekang

Erwin (2023) Penerapan Media Audio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untukMeningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV SDN 54 KalosiKecamatan Alla Kabupaten Enrekang.

[img] Text
Jurnal Erwin..pdf

Download (661kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN 54 Kalosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SDN 54 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan Penerapan Media udio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SDN 54 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bercerita menggunakan media audio dan keterampilan menyimak cerita rakyat. Setting penelitian ini adalah SDN 54 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 54 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang terdiri dari 6 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta keterampilan menyimak cerita rakyat siswa. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B). Hasil keterampilan menyimak cerita rakyat siswa pada siklus I dikategorikan belum tuntas karena hanya 9 siswa yang memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dan pada siklus II keteramilan menyimak cerita rakyat siswa berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas iv SDN 54 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: Media audio tape recorder, keterampilan menyimak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:58
Last Modified: 09 Aug 2023 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item