Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa

FARADILLAH NUR (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Faradillah Nur_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian True Eksperimental yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam membuat karangan karena tidak adanya media sebagai perantara gagasan yang bersifat abstrak ke dalam wujud yang lebih nyata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana gambaran penggunaan media gambar seri di siswa kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa; (2) Bagaimana gambaran keterampilan menulis karangan sederhana siswa di kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa; (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar seri dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan sederhana. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis True Eksperimental Design dengan bentuk pre-test post-test control group design, dengan rencana penelitian Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa sebanyak 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas III A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 14 orang, dan III C sebagai keelas eksperimen dengan jumlah siswa 16 orang. Metode pengumpulan data adalah tes keterampilan menulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan menulis karangan sederhana berupa pre-test dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotest menggunakan independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai P = 0,00 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karagan sederhana siswa kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Karangan Sederhana

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:49
Last Modified: 09 Aug 2023 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33448

Actions (login required)

View Item View Item