PELATIHAN TARI SARIDE MENGGUNAKAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI KESENIAN TRADISIONAL (ANGGOTA KARANG TARUNA PULAU KAPOTA)

JULIYANTI, JULIYANTI (2023) PELATIHAN TARI SARIDE MENGGUNAKAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI KESENIAN TRADISIONAL (ANGGOTA KARANG TARUNA PULAU KAPOTA). S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
artikel Juliyanti - juli yanti (1).pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan menggunakan metode Drill. Penelitian ini mengkaji Pelatihan Tari Saride Menggunakan Metode Drill Ketuk Untuk Meningkatkan Apresiasi Kesenian Tradisional (Anggota Karang Taruna Pulau Kapota). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan mengangkat tarian tradisional di kabupaten Wakatobi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diadakan di pulau kota, desa Kapota, kecamatan Wangi-wangi Selatan kabupaten Wakatobi. Sumber data dalam penelitian ini adalah anggota karang taruna pulau Kapota. Teknik pengumpulan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan wawancara dan Tes Unjuk Kerja. Hasil penelitian ini menggunakan bahwa apresiasi Tari dengan metode Drill pada anggota karang taruna pulau Kapota dapat dinyatakan berhasil dengan ditujukan indikator sebagai berikut: anggota karang taruna mampu apresiasikan sejarah tari serinda dan gerakan tariserimpi dengan menggunakan metode Drill melalui 4 aspek yaitu wirama, wirasa, wiraga dan kognitif dengan baik yang diperoleh selama pelaksanaan dua siklus. Namun aspek yang paling sulit dicapai oleh anggota karang taruna yaitu aspek wirasa. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil penelitian tindakan mengenai pelatihan tari serimpi menggunakan metode drill untuk meningkatkan apresiasi kesenian tradisional ( anggota karang taruna pulau kapota) setelah siklus 2 dinyatakan berhasil dengan ditujukan presentasi indikator yang diperoleh anggota karang taruna pulau ke kota yaitu dari segi wirama sebesar 83%, segi wirasa sebesar 79%, dari segi wiraga sebesar 81%, sedangkan dari segi kognitif sebesar 85%. Kata Kunci : Pelatihan Tari Saride, Metode Drill, Apresiasi, Penelitian Tindakan,.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:55
Last Modified: 11 Aug 2023 10:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33435

Actions (login required)

View Item View Item