Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros

Summiati (2023) Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.

[img] Text
2._[ARTIKEL]_PJE_SUMMIATI-1747041055-PGSD.pdf

Download (992kB)

Abstract

Summiati, 2021. Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan metode jarimatika pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Experimental Design dengan bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III sekolah dasar yang ada di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas III dari UPTD SDN 150 Inpres Toddopulia dan 28 siswa kelas III dari UPTD SDN 151 Inpres Sabantang yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes (observasi) yang kemudian hasilnya akan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode jarimatika dalam penelitian ini terlaksana dengan sangat efektif; (2) Nilai pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum pemberian perlakuan (treatment) berada pada kategori kurang, serta nilai posttest kelompok eksperimen setelah pemberian perlakuan (treatment) berada pada kategori baik, sedangkan kelompok kontrol hanya berada pada kategori cukup; (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen dan pretest kelompok kontrol, serta ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:13
Last Modified: 09 Aug 2023 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33433

Actions (login required)

View Item View Item