PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR

NUR AENUN BAHAR (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR.

[img] Text
1647440004_Jurnal_Nur Aenun Bahar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran penerapan model Picture and Picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap 2) gambaran tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap 3) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil kelas IV sebagai sampel dalam penelitian yang terdiri dari 21 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah psikomotorik kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji paired sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture berdasarkan lembar observasi kegiatan guru dan siswa menunjukkan pembelajaran yang efektif (2) Gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa, pada perolehan hasil pretest berada pada kategori sangat kurang - cukup. Sedangkan, pada perolehan hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori cukup - sangat baik, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 11 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Kata Kunci: model pembelajaran picture and picture, keterampilan menulis karangan narasi, narasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:15
Last Modified: 09 Aug 2023 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item