Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa di UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar

TRI ASDILA (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa di UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar.

[img] Text
Artikel_Tri Asdila_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengaruh pembelajaran daring, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar, sedangkan sampelnya berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampelnya adalah menggunakan tekni proportional statirviet sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan documentasi hasil belajar nilai lapor siswa yang diperoleh melalui guru kelas. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh pembelajaran daring dalam kategori baik; (2) Motivasi belajar siswa berada pada kategori baik, dengan rata-rata nilai siswa kelas IV baik dan kelas V cukup; (3) Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya. Kata Kunci: pembelajaran daring dan motivasi belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:07
Last Modified: 09 Aug 2023 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33431

Actions (login required)

View Item View Item