Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Nur Rizky Awaliyah Ahmad (2023) Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Nur%20Rizky%20Awaliyah%20Ahmad_Universitas%20Negeri%20Makassar.pdf

Download (442kB)

Abstract

Nur Rizky Awaliyah Ahmad, 2021. Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Irfan S.Pd., M.Pd). Penelitian ini menelaah hubungan minat belajar siswa terhadap hasil belajar SBdP kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran minat belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) apakah ada hubungan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar SBdP kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar SBdP kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar SBdP kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan analisis statistik deskirptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Desain dalam penelitian ini adalah korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar SBdP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil analisis data deskriptif, minat belajar memiliki rata-rata mean sebesar 92,75 dengan standar deviasi 6,11. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran SBdP dalam kategori sangat baik, (2) berdasrakan analisis deskriptif, hasil belajar memiliki rata-rata mean sebesar 95,93 dengan standar deviasi sebesar 5,59. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam kategori sangat baik, (3) setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar SBdP kelas IV UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:02
Last Modified: 09 Aug 2023 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33430

Actions (login required)

View Item View Item