Isfianti Fadillah (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN SAWITTO KECAMATAN WATANG SAWITTO.
Text
Isfianti Fadillah_1747042023_UNM.pdf Download (699kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang hubungan pada kompetensi guru dengan prestasi belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambarankompetensi profesional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?, (2) Bagaimana gambaran prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?, (3) Apakah terdapat hubungan kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana kompetensi profesional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. (2) Mengetahui bagaimana gambaran prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. (3) Mengetahui apakah terdapat hubungan kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar SeKelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan menggunakan rumus slovin dengan sampelnya berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi serta mengambil nilai rapor dari masing-masing guru wali kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif untuk gambaran keseluruhan kompetensi guru dengan kategori sedang , sedangkan prestasi belajar siswa dengan data berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji Kendall’s Tau dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara komptensi profesional guru dengan prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat koefisien kategori sedang. Kata Kunci: Kompetensi, Profesional Guru, Prestasi Belajar, Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 00:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 00:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33429 |
Actions (login required)
View Item |