HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN SAWITTO KECAMATAN WATANG SAWITTO

Isfianti Fadillah (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN SAWITTO KECAMATAN WATANG SAWITTO.

[img] Text
Isfianti Fadillah_1747042023_UNM.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan pada kompetensi guru dengan prestasi belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambarankompetensi profesional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?, (2) Bagaimana gambaran prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?, (3) Apakah terdapat hubungan kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana kompetensi profesional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. (2) Mengetahui bagaimana gambaran prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. (3) Mengetahui apakah terdapat hubungan kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan prestasi belajar matematika kelas V sekolah dasar SeKelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Se-Kelurahan Sawitto Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan menggunakan rumus slovin dengan sampelnya berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi serta mengambil nilai rapor dari masing-masing guru wali kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif untuk gambaran keseluruhan kompetensi guru dengan kategori sedang , sedangkan prestasi belajar siswa dengan data berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji Kendall’s Tau dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara komptensi profesional guru dengan prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat koefisien kategori sedang. Kata Kunci: Kompetensi, Profesional Guru, Prestasi Belajar, Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:57
Last Modified: 09 Aug 2023 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33429

Actions (login required)

View Item View Item