PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS I SDN CENTRE MANGALLI KABUPATEN GOWA

RIZKIYANTI (2023) PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS I SDN CENTRE MANGALLI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL RIZKIYANTI.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang aktif dan antusiasnya siswa pada proses pembelajaran dan pemilihan media pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (penelitan tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi akan dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil belajar siswa akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 27 siswa kelas I SDN Centre Mangalli sebanyak 15 atau 55,56% (56%) siswa tuntas dan 12 atau 44,44% (44%) siswa belum tuntas, sehingga siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sedang secara klasikal belum terpenuhi. Sedangkan pada siklus II dimana dari 27 siswa kelas I SDN Centre Mangalli sebanyak 23 atau 85,19% (85%) siswa tuntas dan 4 siswa atau 14,81% (15%) siswa belum tuntas, sehingga siswa yang telah memenuhi KKM dan berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gelas bilangan dapat memperbaiki proses mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada Siswa kelas I SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa.Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Media Gelas Bilangan, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:28
Last Modified: 09 Aug 2023 00:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33428

Actions (login required)

View Item View Item