Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa

Irmawati (2023) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Irmawati,.pdf

Download (775kB)

Abstract

Irmawati, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar UNM (Dibimbing Oleh Amrah dan Nurfaizah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar, masalah yang sering didapatkan di Sekolah dasar adalah guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa hanya berperan secara pasif sehingga mengakibatkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, salah satu cara yang baik digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca adalah dengan menggunakan media pembelajaran yaitu mesia Kartu Kata, Penelitian ini memiliki Tujuan untuk : (1) Mengetahui gambarang penggunaan media kartu kata di kelas 1 SD Centre Mangalli (2) Mengetahui bagaimana kemampuan membaca dengan menggunakan media Kartu Kata siswa kelas 1 SDN Centre Mangalli (3) Mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Centre Mangalli. Pendekatan penelitian ini adalah kuatitatif dengan jenis penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen Design. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan membaca, lembar observasi dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan data pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan data pretest kelas eksperimen memperoleh nilai probabilitas pretest kelas eksperimen dan kelas control 0,34 sehingga data tersebut diperoleh lebih besar dari 0.05, sedangkan pada sampel T-Tesst posttest diperoleh dari pengujian sig.(2- tailed > 0.05 menunjukkan adanya perbedaan dari hasl pretest dan posttest dari kedua kelas, dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media kartu kata terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Centre Mangalli.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:11
Last Modified: 08 Aug 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33427

Actions (login required)

View Item View Item