Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar

Khusnul Jamilah (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
PJST - Khusnul Jamilah 1747041025.pdf

Download (829kB)

Abstract

Khusnul Jamilah, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh pembimbing I Dra. Nurhaedah A, M.Si dan pembimbing II Dra. Nurfaizah AP, M.Hum. Rumusan penelitian ini mengkaji masalah tentang: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar? (2) Bagaimanakah hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar; (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar; (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design . Desain penelitian ini menggunakan tipe Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial yang terdiri dari Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors (Shapiro-Wilk), Uji Homogenitas menggunakan Uji Levene dan Uji hipotesis menggunakan Independent Sampel T Test ,Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 058 Galung Lego Kabupaten Polewali Mandar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:02
Last Modified: 08 Aug 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33424

Actions (login required)

View Item View Item