NUR QAMAR INTAN PURNAMA (2023) KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.
Text
Jurnal_Nur Qamar Intan Purnama.pdf Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sumber data peneliti yaitu Kepala sekolah, Guru Orang tua Siswa maupun arsip di lokasi penelitian. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, data display dan tahap verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Memimpin Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar yang Berpusat Pada Murid telah dilakukan oleh kepala sekolah seperti pelaksanaan rapat rutin bulanan, dan juga dapat dilihat dari lingkungan belajar yang kondusif, lingkungan sekolah yang bebas dari rasa takut, lingkungan sekolah yang rindang. (2) Memimpin Perencanaan dan Pelaksanaan Proses Belajar yang Berpusat Pada Murid telah dilakukan oleh kepala sekolah seperti melaksanakan rapat pembagian tugas, dan memfasilitasi guru dari sarana dan prasarananya.(3) Memimpin Refleksi dan Perbaikan Kualitas Proses belajar yang Berpusat pada Murid telah dilakukan oleh kepala sekolah seperti mengadakan rapat rutin guna mengkoordinir pengumpulan dan pengolahan data terkait proses dan hasil belajar murid, dan melakukan supervisi (4) Melibatkan Orang Tua/Wali Murid sebagai Pendamping dan Sumber Belajar telah dilakukan oleh kepala sekolah seperti mengadakan rapat di sekolah, selain itu dapat juga dilihat dari lingkungan dan latar belakang sosialnya. (5) Faktor Pendukung kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yaitu, diadakan rapat rutin, dilakukannya pembimbingan, perbaikan dan memberikan penghargaan kepada guru maupun murid. Faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran siswa, kesulitan perbaikan kualitas proses belajar, kurangnya kemampuan dan keterbatasan waktu orang tua sebagai pendamping dan sumber belajar. Kata kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Kepala Sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:04 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33423 |
Actions (login required)
View Item |