Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros

Andi Tenri Shannah (2023) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros.

[img] Text
Artikel_Andi Tenri Shannah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (745kB)

Abstract

Andi Tenri Shannah, 2021. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I., MA). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas IV, (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa di kelas IV, (3) Bagaimana pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk True Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik penarikan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IV A sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik berada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan pendekatan PMR selama 2 kali treatment yaitu pada pemberian treatment 1 sebesar 82,69% dengan kategori baik dan pemberian treatment 2 sebesar 86,53% dengan kategori baik. 2) Gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, pada perolehan hasil pretest kelas eksperimen dan kontrol berada dalam kategori rendah. Sedangkan, pada perolehan posttest kelas eksperimen berada dalam kategori tinggi dan kelas kontrol berada dalam kategori sedang. (3) Terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Batangase Kabupaten Maros. Hal ini disebabkan karena nilai probabilitas 0,001 < 0,05 dan t hitung > t tabel (7,311 > 2,001).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:27
Last Modified: 08 Aug 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33416

Actions (login required)

View Item View Item