Aulia Rahmawati Taufik (2023) Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Telkom Makassar.
Text
02 Artikel_Aulia Rahmawati Taufik_Universitas Negeri Makassar-1.pdf Download (754kB) |
Abstract
Aulia Rahmawati Taufik, 2021. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Telkom Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati sebagai pembimbing 1 dan Nur Abidah Idrus sebagai pembimbing 2). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak pengaruh penerapan model mind mapping terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial di SD Telkom Makassar. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar ilmu pengetahuan sosial sedangkan variabel bebasnya adalah model mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Quasi-experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 siswa sedangkan sampelnya berjumlah 56 siswa. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotetis. Hasil penelitian dan setelah uji statistik inferensial menyatakan bahwa hasil dari posttest kelas eksperimen dengan posttes kontrol menghasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar posttest kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model mind mapping dibandingkan hasil belajar posttest kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 05:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 05:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33413 |
Actions (login required)
View Item |