Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng

NURUL AFIYAH (2023) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng.

[img] Text
Nurul Afiyah Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Kartini Bantaeng. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B di Tk Negeri Kartini Bantaeng. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 anak dengan pembagian 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku sosial emosional anak yang diberi perlakuan pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 7,83, sedangkan pada kelompok kontrol 1,76. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,24< 0,05 , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak di Tk Negeri Kartini Bantaeng. Kata Kunci: Bermain Peran, Sosial Emosional

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:03
Last Modified: 08 Aug 2023 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33403

Actions (login required)

View Item View Item