PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BINA BICARA MURID TUNARUNGU DI SLBN 1 GOWA

ATIKA AULIYAH B. HASAN (2023) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BINA BICARA MURID TUNARUNGU DI SLBN 1 GOWA.

[img] Text
Jurnal Atika Auliyah B. Hasan NIM 1645041006 PDF.pdf

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan bina bicara khususnya pengucapan konsonan velar huruf ‚K‛ dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini ialah ‚Bagaimanakah kemampuan bina bicara pada murid tunarungu sedang kelas III di SLBN 1 Gowa?‛. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan bina bicara murid tunarungu sedang pada kondisi awal, 2) Kemampuan bina bicara murid tunarungu sedang dalam penerapan metode drill pada kondisi intervensi, 3) Kemampuan bina bicara murid tunarungu sedang pada kondisi jeda, 4) Kemampuan bina bicara murid tunarungu sedang dalam penerapan metode drill berdasarkan kondisi awal, intervensi, dan masa jeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini seorang murid tunarungu sedang berinisial MLR kelas III di SLBN 1 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment Single Subject Reasearch, desain penelitian A�B-A. Kesimpulan penelitan ini ialah; 1) Kemampuan bina bicara murid sebelum diberi perlakuan, rendah berdasarkan hasil analisis baseline 1. 2) Kemampuan bina bicara murid selama diberi perlakuan dalam penerapan metode drill mengalami peningkatan ke kategorisasi sangat tinggi dilihat dari hasil analisis kondisi intervensi, 3) Kemampuan bina bicara murid tunarungu setelah diberi perlakuan meningkat kekategori cukup tinggi dilihat dari hasil analisis kondisi baseline 2. 4) Peningkatan kemampuan bina bicara murid berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu: pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan pengucapan konsonan velar ‚K‛ murid rendah menjadi meningkat ke kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan. Pada kondisi selama intervensi kemampuan pengucapan konsonan velar huruf ‚K‛ menurun ke kategori cukup tinggi pada kondisi setelah masa jeda. Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan Bina Bicara, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:39
Last Modified: 08 Aug 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33400

Actions (login required)

View Item View Item