Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Pinrang). Skripsi. Dibimbing oleh Mustakim Nur Djohar dan Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Kartini, Kartini (2014) Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Pinrang). Skripsi. Dibimbing oleh Mustakim Nur Djohar dan Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Kartini.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Kartini. 2014. Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Pinrang). Skripsi. Dibimbing oleh Mustakim Nur Djohar dan Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembinaan kegiatan pramuka dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada siswa dan mengetahui dampak kegiatan pramuka dalam pengembangan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 7 Pinrang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 11 orang yaitu : Siswa kelas XI IPS yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) upaya pembinaan kegiatan pramuka dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa yaitu diterapkannya peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh siswa, sikap siap sedia yang diterapkan dalam berpakaian, dan terdapat bentuk-bentuk kegiatan pramuka yang diikuti siswa yang dapat menumbuhkan sikap disiplin seperti kegiatan baris berbaris, perkemahan, dan perlombaan. 2) Dampak kegiatan pramuka dalam pengembangan kedisiplinan siswa adalah dampak positif dapat meningkatkan sikap disiplin siswa baik disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, dan disiplin mematuhi peraturan, adanya sikap saling menghormati dan menghargai baik sesama teman maupun kepada pembina dan guru-guru. Di kegiatan pramuka tidak ditemukannya dampak negatif dalam pengembangan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:52
Last Modified: 26 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item