PENGGUNAAN PAPAN PERKALIAN DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWATUNANETRA KELAS III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

ARDIANSYAH (2023) PENGGUNAAN PAPAN PERKALIAN DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWATUNANETRA KELAS III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL JPKK Ardiansyah.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa tunanetra kelas III sebelum diberikan perlakuan, 2) Kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan papan perkalian pada siswa tunanetra kelas III selama diberikan perlakuan, 3) Kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa tunanetra kelas III setelah diberikan perlakuan, 4) Peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian setelah menggunakan papan perkalian berdasarkan hasil perbandingan dari kondisi sebelum diberikan perlakuan ke kondisi selama diberikan perlakuan, dan dari kondisi selama diberikan perlakuan ke kondisi setelah diberikan perlakuan pada siswa tunanetra kelas III di SLB�A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunanetra blind kelas III berinisial L. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Kemampuan operasi hitung perkalian subjek L sebelum perlakuan dalam kategori sangat rendah, 2) Kemampuan operasi hitung perkalian subjek L selama diberikan perlakuan mengalami peningkatan ke kategori tinggi, 3) Kemampuan operasi hitung perkalian subjek L setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi, 4) Peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian subjek L berdasarkan hasil antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakukan kemampuan operasi hitung perkalian siswa tunanetra rendah menjadi ke kategori tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan dan pada kondisi selama diberikan perlakuan ke setelah diberikan perlakuan kemampuan operasi hitung perkalian siswa memperoleh nilai menurun akan tetapi nilai yang diperoleh termasuk kategori sangat tinggi. Dengan demikian kemampuan operasi hitung perkalian siswa setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:13
Last Modified: 08 Aug 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33397

Actions (login required)

View Item View Item