Penggunaan Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan Bentuk Bangun Datar Pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar

YUNIAS BASTI (2023) Penggunaan Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan Bentuk Bangun Datar Pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar.

[img] Text
Jurnal Yunias Basti (Pendidikan Khusus).pdf

Download (700kB)

Abstract

Yunias Basti, 2022. Penggunaan Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan Bentuk Bangun Datar Pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar Dibimbing oleh ibu Dra. Hj. Sitti Kasmawati, M.Si, dan bapak Dr. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pada penelitian ini adalah seorang murid yang teridentifikasi sulit untuk membedakan bentuk bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan membedakan bentuk bangun datar murid autis kelas II sebelum penggunaan Pop-Up Book, 2) Kemampuan membedakan bentuk bangun bangun datar pada saat pemberian Pop-Up Book, (3) Kemampuan membedakan bentuk bangun datar setelah pemberian Pop-Up Book, (4) Kemampuan membedakan bentuk bangun datar melalui implementasi Pop Up Book berdasarkan hasil antar kondisi dari sebelum penggunaan menjadi setelah penggunaan Pop-Up Book.Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (Single Subject Research). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi.Kesimpulan penelitian ini ialah: (1) kemampuan membedakan bentuk bangun datar murid JB sebelum diberikan perlakuan sangat rendah pada kondisi A1,(2) kemampuan membedakan bentuk bangun datar murid JB selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dari analisis kondisi Intervensi, (3) Kemampuan membedakan bentuk bangun datar murid JB setelah diberikan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari kondisi A2, (4) kemampuan membedakan bentuk bangun datar murid JB berdasarkan hasil analisis sebelum diberikan perlakuan (A1) termasuk dalam kategori sangat rendah,dmeningkat ke kategori sangat tinggi pada kondisi Intervensi, pada kondisi (A2) kemampuan membedakan bentuk bangun datar setelah diberikan perlakuan meningkat,mendapat perolehan point yang sama pada akhir Intervensi,dan tidak lagi terjadi peningkatan pada A2. Kata Kunci: Membedakan Bentuk Bangun Datar,Pop-Up Book,Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:04
Last Modified: 08 Aug 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33396

Actions (login required)

View Item View Item