PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BAYANG KOTA MAKASSAR

RESKIYATUN NISA HARNAM (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BAYANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI RESKIYATUN NISA HARNAM, S.Pd..pdf

Download (2MB)

Abstract

Reskiyatun Nisa Harnam, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bayang Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.(dibimbing oleh Rohana dan Nurhaedah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bayang Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Media Animasi sedangkan variabel terikat adalah Hasil Belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Bayang Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 60 Orang. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini Observasi, Tes Hasil Belajar, dan dokumentasi, Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasilbelajar matematika melalui google from yang dilakukan melalui dua tahap yakni Pre-test dan Post-test. Teknik analisi data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarakan satitistik inferensial dengan menggunakan uji paired sample t-test sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan Media Animasi Siswa Kelas IV SDN Bayang Kota Makassar tergolong sangat efektif. (2) Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV sangat tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bayang Kota Makassar. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:48
Last Modified: 04 Aug 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33386

Actions (login required)

View Item View Item