PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

ANDI WAHYUNI (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul utama A. Wahyuni Arsyad.docx

Download (22kB)
[img] Text
file terbaru asli skripsi andi wahyuni acc.docx

Download (7MB)

Abstract

Andi Wahyuni. 2017. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran metode eksperimen terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar (2) Bagaimanakah gambaran keaktifan belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV dan (3) Apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran metode eksperimen terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV dan (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode eksperimen terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel penelitian ini adalah variabel independen (bebas) atau metode eksperimen yang terdapat pada objek percobaan yang diberi simbol (X) dan dependen (terikat) atau keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diberi simbol (Y). Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan kelas IVB yang berjumlah 81 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas IVA dan kelas IVB yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran perbedan dilihat dari keaktifan belajar dengan menggunakan metode eksperimen siswa sangat antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar sedangkan keaktifan belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar (2) Keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen berada dalam kategori baik dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung atau konvensional berada pada kategori cukup (3) Metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:46
Last Modified: 03 Aug 2023 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33366

Actions (login required)

View Item View Item