FERDY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKETRAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SKRIPSI FERDY (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Ferdy, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDInpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ketrampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalahya ialah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script untuk meningkatkan hasil belajar ketrampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script untuk meningkatkan hasil belajar ketrampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script untuk peningkatan hasil belajar ketrampilan membaca intensif. Setting penelitian bertempat di SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari satu orang guru kelas dan siswa kelas IV berjumlah 26 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya yakni kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajarketrampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada mata pelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 03:00 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33356 |
Actions (login required)
View Item |