HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KOMPLEKS JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

NURWAKIA (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KOMPLEKS JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Utama.docx

Download (14kB)
[img] Text
Moto.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (10MB)

Abstract

Nurwakia, 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidika Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah (1) bagaimana gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar (2) bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar (3) apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa, gambaran hasil belajar belajar siswa, dan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Penelitian ini bersifat deskriptif dan korelasional. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup motivasi belajar dan variabel terikat mencakup hasil belajar matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 107 siswa dengan sampel 84 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Teknik ini merupakan teknik pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan proporsional dengan banyaknya populasi. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan Statistik inferensial. Statistik deskriptif meliputi deskriptif motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa, statistik inferensial meliputi uji validitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kompleks Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:18
Last Modified: 03 Aug 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33352

Actions (login required)

View Item View Item