PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR

NASRIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR.

[img] Text
skripsi nasriah.pdf

Download (3MB)

Abstract

NASRIAH, 2017.Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match untukMeningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B., M.Pd. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Hal yang melatarbelakangi dari penelitian iniadalahrendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran IPS di kelas V SD NegeriSudirman III Makassar. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD NegeriSudirman IIIMakassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus tersiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD NegeriSudirman III Makassar yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswi perempuan. Fokus penelitian ini dilihat dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di SD NegeriSudirman III Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasi observasi guru dan hasil observasi siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Selain itu tes hasil belajar pada tiap silkusnya juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I (pertemuan I dan II) berada pada kategori cukup dan pada siklus II (pertemuan I dan II) berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS di SD NegeriSudirman III Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:00
Last Modified: 03 Aug 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33350

Actions (login required)

View Item View Item