Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Ria Fadillah (2023) Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI PGSD UNM_1447040056_RIA FADILLAH_2022.pdf

Download (334kB)

Abstract

Ria Fadillah, 2022. Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Drs.Latri, S.Pd., M.Pd pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 (empat) tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini adalah kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar, sedangkan subjek penelitian ini adalah satu guru kelas dan 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru kelas bertindak sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Problem Based Learning hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:45
Last Modified: 02 Aug 2023 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33346

Actions (login required)

View Item View Item