Pengaruh Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa.

Nurafny Mutmainnah. S (2023) Pengaruh Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL_NURAFNY MUTMAINNAH S_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.docx

Download (4MB)

Abstract

Nurafny Mutmainnah. S, 2021. Pengaruh Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh: Suarlin, Selaku pembimbing I dan Hikmawati Usman, Selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui peran orang tua selama pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli selama pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang diberikan, sebelumnya dilakukan pengujian normalitas Kolmogorov- smirnov yaitu 0,154. Pengaruh Peran orang tua terhadap motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 5,3% dengan t = 2,400 dan nilai signifikansi 0,018. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Peran orang tua selama pembelajaran daring sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli. Hal ini dapat dilihat dari peran non fisik pemberian motivasi belajar mempengaruhi hingga 33%. (2) Motivasi belajar siswa kelas IV SDN Centre Mangalli selama pembelajaran daring yang diberikan orang tua yaitu peran fisik berupa penyediaan fasilitas tempat belajar mempengaruhi hingga 26% dan pemberian alat bantu belajar di rumah mempengaruhi 23%. Non fisik berupa pemberian bimbingan mempengaruhi 18% dan arahan kepada anak dan pemberian motivasi belajar mempengaruhi 33%. (3) Ada pengaruh Peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 memperoleh nilai thitung sebesar 2,400 dan nilai signifikansi 0,018. Karena signifikansi menunjukkan 0,018 sehingga 0,018 < 0,05, maka keputusannya adalah hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:37
Last Modified: 02 Aug 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33345

Actions (login required)

View Item View Item