Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar.

Megawati (2023) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
Artikel Megawati_1747041059 (2).pdf

Download (849kB)

Abstract

Megawati, 2022. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd. dan Khaerunnisa, S.Pd.I., M.A.). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar. Fokus dari penelitian ini yaitu penggunaan media Audio Visual dan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan selurus siswa kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 30 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil observasi guru siklus I pertemuan pertama berada pada kategori cukup dan pada pertemuan kedua berada pada kategori baik, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan pada pertemuan pertama dan kedua berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru menunjukkan pada pertemuan pertama dan kedua berada pada kategori baik, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan pada pertemuan pertama dan kedua berada pada kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 041 Inpres Tandassura Kabupaten Polewali Mandar telah berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:29
Last Modified: 02 Aug 2023 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33343

Actions (login required)

View Item View Item