Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di UPT SDN 104 Tontonan Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Nur Ilmi Amalia (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di UPT SDN 104 Tontonan Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL NUR ILMI AMALIA.pdf

Download (621kB)

Abstract

Nur Ilmi Amalia, 2022. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di UPT SDN 104 Tontonan Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Hartoto). Penelitian ini membahas pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SDN 104 Tontonan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model problem based learning. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V yaitu sebanyak 17 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriftif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa gambaran penerapan model problem based learning pada pertemuan pertama berjalan dengan efektif dan pertemuan kedua berjalan dengan sangat efektif. Pencapaian hasil belajar menujukkan adanya peningkatan saat menggunakan model problem based learning hal ini terbukti dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 dan hasil dari T Hitung > T Tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang mengandung arti bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SDN 104 Tontonan Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:22
Last Modified: 02 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33342

Actions (login required)

View Item View Item