Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SDN 146 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nurfajriani (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SDN 146 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
448-LOA NURFAJRIANI.pdf

Download (194kB)

Abstract

Nurfajriani, 2022. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SDN 146 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Nurhaedah dan Hotimah. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 146 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru yang dilatarbelakangi oleh masa pandemi covid-19 dan tuntunan proses pembelajaran semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman. Pada masa pandemi covid-19 ini tenaga Pendidikan dituntut untuk kreatif dan inovatif agar proses pembelajran daring dapat dilaksanakan dengan baik. Namun dengan segala keterbatasan dan tantangan, proses pembelajaran daring belum bisa maksaimal sehingga siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di UPTD SDN 146 Barru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif model korelasional. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi, yang memiliki populasi sebanyak 61 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai Signifikansi pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari Fhitung sebesar 0,649 lebih besar dari pada Ftabel sebesar 0,248, sehingga terjadi pengaruh signifikan. Kemudian nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari pada level signifikansi yaitu 0,05. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di UPTD SDN 146 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:57
Last Modified: 02 Aug 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33338

Actions (login required)

View Item View Item