Pengaruh Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VISDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

NARTI (2023) Pengaruh Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VISDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel_Narti_Universitas Negeri Makassar_-converted.pdf

Download (554kB)

Abstract

NARTI, 2021. Pengaruh Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VISDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rohana dan Nurhaedah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VISDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran E-learning berbasis Moodle sedangkan variabel terikat adalah minat bejar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI SDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros dengan jumlah siswa sebanyak 36 Orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket minat belajar berupa google from dengan pemberian Pre-non tes dan Post-non tes. Teknik analisi data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarakan satitistik inferensial dengan menggunakan uji paired sample t�test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran E-learning berbasis Moodle siswa kelas VI SDN 142 Talamanggape tergolong sangat efektif, (2) Minat belajar Matematika siswa kelas VI SDN 142 Talamanggape tergolong sangat tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang singnifikan pada pembelajaran E-learning berbasis Moodle terhadap minat belajar Matematika siswa kelas VI SDN 142 Talamanggape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:27
Last Modified: 02 Aug 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33337

Actions (login required)

View Item View Item