Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko Kecamatan Polongbangeng Utara Kabupaten Takalar

Andi Almaa Ida (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko Kecamatan Polongbangeng Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
International Journal Andi Almaa Ida Fix Print.pdf

Download (137kB)

Abstract

Andi Almaa Ida, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko Kecamatan Polongbangeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal, S.Pd., M.Pd., dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd.,). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar (2) gambaran kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar (3) penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi, sedangkan variabel terikatnya adalah penggunaan model pembelajaran TTW. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing�masing terdiri dari 20 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran TTW terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang di amati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran kemampuan menulis puisi, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok control masuk dalam kategori kurang. Sedangkan, pada perolehan hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori sangat baik, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,019 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Thunk, Talk, Write (TTW) memberikan pengaruh terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas IV SD Negeri 39 Centre Palleko Kecamatan Polongbangeng Utara Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:23
Last Modified: 02 Aug 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33336

Actions (login required)

View Item View Item