Penerapan Media Pembelajaran Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sumbe Kelas V SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Fadli Aditya Arsyad (2023) Penerapan Media Pembelajaran Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sumbe Kelas V SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel_Fadli Aditya_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (650kB)

Abstract

Fadli Aditya Arsyad, 2021. Penerapan Media Pembelajaran Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sumbe Kelas V SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Amir Pada). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatahui apakah penerapan media pembelajaran Teka-teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus kegiatan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran Teka-teki Silang dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran pada penerapan media Teka-teki Silang baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa dan penerapan media pembelajaran Teka-teki Silang dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:18
Last Modified: 02 Aug 2023 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33335

Actions (login required)

View Item View Item