Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Yusri Arisani (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_YUSRI ARISANI.pdf

Download (417kB)

Abstract

Yusri Arisani, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsiah D, dan Patta Bundu). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, serta untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tidung berjumlah 62 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain true eksperimental design dengan bentuk pretest - posttest control group design . Data hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada lembar observasi siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttes menunjukkan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:55
Last Modified: 02 Aug 2023 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33332

Actions (login required)

View Item View Item