Penerapan Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan sikap kerjasama siswa di kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar

Ririn Putri Hasanah (2023) Penerapan Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan sikap kerjasama siswa di kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar.

[img] Text
RIRIN PUTRI HASANAH-1847042072-ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ririn Putri Hasanah, 2022. Penerapan Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan sikap kerjasama siswa di kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Amrah dan St. Nursiah) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan sikap kerjasama di kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran problem based learning dan kemampuan kerjasama siswa. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas 1V sebanyak 15 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yaitu analisis secara kualitatif deskriptif. Data aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C), pertemuan II berada pada kategori cukup (C), sedangkan data aktivitas mengajar pada siklus II pertemuan I kategori baik (B), pertemuan II berada pada kategori baik (B). adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan kerjasama siswa siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:51
Last Modified: 02 Aug 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33331

Actions (login required)

View Item View Item